Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Masalah pada gigi terdiri dari berbagai macam, mulai dari sakit gigi, gigi berlubang dan gigi ngilu. Gigi ngilu bisa bertahan cukup lama d...

5 Penyebab gigi ngilu yang mungkin tidak disadari


Masalah pada gigi terdiri dari berbagai macam, mulai dari sakit gigi, gigi berlubang dan gigi ngilu. Gigi ngilu bisa bertahan cukup lama dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Kamu perlu mengetahui beberapa penyebab gigi ngilu agar bisa menghindarinya.

Penyebab gigi ngilu

Ngilu pada gigi tentu saja tidak nyaman untuk beraktivitas. Meskipun tidak mengganggu secara langsung, namun rasa ngilu yang berlebih tentu tidak akan enak. Berikut ini beberapa penyebab gigi ngilu yang mungkin tidak disadari.

Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras akan membuat gigi menjadi lebih mudah goyah. Gusi yang menopang gigi justru akan kendur karena terlalu sering terkena dorongan dari sikat gigi. Mungkin niatnya baik untuk membersihkan gigi dari kotoran, tetapi justru berakibat tidak baik.

Bulu sikat terlalu kasar

Bulu sikat yang terlalu kasar akan memberikan dorongan yang keras pada gigi. Hal ini akan membuat gigi menjadi tidak kokoh dan akhirnya menyebabkan muncul rasa ngilu. Memilih sikat gigi jangan hanya sekedar yang murah,tetapi pilih yang nyaman untuk gigi. Sikat gigi yang halus akan emmberikan perlindungan yang baik pada gigi.  

Plak berlebih

Plak pada gigi yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan rasa gigi yang ngilu. Plak pada gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif karena dilingkupi oleh bakteri. Syarat syaraf pada gigi sangat mudah untuk diserang oleh bakteri sehingga bukan hanya menyebabkan gigi ngilu saja, tetapi juga bisa menyebabkan gigi sakit.

Cedera gigi

Jika gigi pernah cidera, maka terdapat kemungkinan gigi mengalami trauma. Gigi yang cedera sangat mudah terasa ngilu karena pertautan antara gigi dengan gusi tidak lagi kokoh. Untuk mengatasi hal ini hanya bisa dilakukan oleh dokter agar pengobatan lebih optimal dan aman.

Pengaruh makanan dan minuman

Makan makanan yang terlalu asam bisa menyebabkan gigi terasa ngilu. Hal ini karena sifat asam bersifat korosif dan bisa merusak email gigi yang terlindungi oleh kalsium. Minuman dingin juga memicu munculnya rasa ngilu pada gigi

#masalah gigi, #odopbatch5, #Onedayonepost, #odop, 

0 komentar: