Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Gigi merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi vital. Fungsi utamanya adalah sebagai alat pencernaan mekanis sebelum masuk ke tahap selanju...

5 Penyebab Gigi Kuning yang mungkin tidak kamu disadari

Gigi merupakan organ tubuh yang memiliki fungsi vital. Fungsi utamanya adalah sebagai alat pencernaan mekanis sebelum masuk ke tahap selanjutnya. Namun karena letak gigi berada di dalam mulut, maka sering menjadi fokus utama ketika seseorang sedang berbicara. Oleh karena itu gigi yang kuning menyebabkan rasa yang kurang percaya diri. Lalu apa yang sebenarnya menjadi penyebab gigi kuning? Penyebab gigi kuning bisa berbagai macam, dan kita akan membahasnya kali ini.

Berbagai Penyebab Gigi Kuning

Penyebab gigi kuning bisa berasal dari gaya hidup maupun kesalahan kecil yang kita lakukan. Berikut ini adalah beberapa penyebab gigi kuning yang perlu kamu tahu.

Metode sikat gigi kurang tepat

Menyikat gigi merupakan rutinitas yang setiap hari dilakukan oleh banyak orang. Namun mengapa sudah rajin menggosok gigi tetapi gigi tetap kuning? Penyebab yang paling memungkinkan adalah metode sikat gigi yang kurang tepat. Cara menggosok gigi harus benar agar bisa membersihkan seluruh sisa makanan dan membunuh bakteri di mulut.

Waktu sikat gigi yang tidak pas

Jika metode gerakan sikat gigi sudah benar tetapi masih saja gigi tetap kuning. Mungkin penyebab gigi kuning yang lain adalah karena waktu sikat gigi yang tidak pas. Menggosok gigi saat mandi memang efisien waktu dan bisa mengerjakan beberapa hal sekaligus. Namun ternyata menggosok gigi sekaligus mandi bisa menjadi waktu yang kurang tepat untuk menggosok gigi. Hal ini karena biasanya mandi dilakukan justru sebelum waktu makan tiba.

Makanan yang dikonsumsi

Makanan yang dikonsumsi bisa menjadi faktor yang penting sebagai penyebab gigi kuning. Makanan manis dan mengandung pewarna bisa menyebabkan tertinggalnya noda dan menjadi bahan makanan bagi bakteri. Hal inilah yang menyebabkan penumpukan plak pada gigi.

Baca juga: Makanan penyebab gigi kuning

Rokok

Kamu yang membaca artikel ini mungkin bukan perokok. Namun kamu tetap perlu tahu bahwa rokok merupakan salah satu penyebab gigi menjadi kuning. Bahkan bukan hanya itu saja, rokok bisa menyebabkan gigi keropos.

Alkohol

Lagi-lagi mungkin kamu mungkin juga bukan orang yang mengonsumsi alkohol. Meskipun begitu, kamu cukup tahu saja bahwa alkohol menjadi salah satu minuman yang bisa menyebabkan penumpukan plak gigi.
Sekian tadi beberapa penyebab gigi kuning. Lakukan perawatan terbaik pada gigi dan kamu bisa mengetahui cara memutihkan gigi yang kuning di blog ini.


#masalah gigi, #odop, #odopbatch5, #Onedayonepost, 

2 komentar:

  1. Ahli gigi nih ya? Mantap informatif banget👍👍

    BalasHapus
  2. Aku sering sikat gigi ketika mandi, Besok tidak lagi deh.

    BalasHapus