Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

5 CM adalah buku bergenre novel karya Donny Dhirgantoro. Novel ini di filmkan dan mampu menjadi salah satu film dengan penonton yang sangat ...

Novel vs Film 5 CM

5 CM adalah buku bergenre novel karya Donny Dhirgantoro. Novel ini di filmkan dan mampu menjadi salah satu film dengan penonton yang sangat banyak. Bahkan aku sendiri menonton film ini tidak hanya sekali. Hmm okay lebih tepatnya sekali saja di bioskop, selebihnya di laptop (harap maklum). Film ini beberapa kali mendapatkan penghargaan dengan berbagai kategori. Mungkin kamu sudah mulai lupa ya tentang film ini, baiklah mari kita ingat lagi, siapa tahu jadi rindu.

Perbandingan novel dan film


Novel yang diangkat menjadi film, tentu saja adalah novel yang sudah memiliki pasar besar, maksudnya best seller. Tentu saja, ini untuk memastikan film nantinya akan ditonton oleh para penggemar novelnya.

Nah dalam beberapa film yang diangkat dari novel aku seringkali lebih menikmati bukunya daripada filmnya. Namun beberapa aku menyukai filmnya daripada bukunya, jarang ada yang aku menyukai dua duanya.

Novel 5 CM ini menurutku masuk dalam kategori lebih suka filmnya daripada novelnya. Aku merasa lebih tertarik dan terbawa suasana ketika menonton film dibandingkan membaca skripnya (Novel).

Menurutku novelnya diceritakan dengan alur dan Bahasa yang kurang menantang untuk sebuah cerita yang menarik itu. Namun aku tetap membaca novel ini beberapa kali, karena ada banyak kata kata Mutiara yang bagus di dalamnya.

Apa yang membuat layak mendapat penghargaan


Naik Gunung. Itu adalah salah satu alasan kenapa film ini layak mendapatkan penghargaan. Ya, karena aku suka naik gunung hehe. Terlalu subjektif memang, tetapi begitu kenyataannya.

Terlepas dari itu, film ini adalah sebuah karya yang penuh dengan motivasi. Disaat banyak kisah kisah tentang cinta menye menye dan perpecahan, film ini justru memberikan motivasi untuk menjaga sebuah persahabatan. Bahkan ketika rasa cinta muncul di antara rasa persahabatan, tetap dibungkus rapi menjadi ksiah yang menarik.

Pesan yang ingin disampaikan penulis


Penulis secara gamblang menuliskan isi pesan dalam judulnya, ‘5 CM’ atau lima centimeter. Maksudnya apa? Kita semua akan mudah meraih mimpi, dengan menggantungkan harapan itu lima centimeter di depan dahi kita. Sehingga kita akan selalu fokus untuk menggapai mimpi.

#tugasRCO3 #Tugas2Level3 #OneDayOnePost

3 komentar: