Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Identitas Buku Judul Buku: Negeri Pada Bedebah Penulis: Tere Liye Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Tebal Buku: 440 Halaman Tahun Terbit: 2...

Resensi Buku Negeri Para Bedebah

Identitas Buku

Judul Buku: Negeri Pada Bedebah
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku: 440 Halaman
Tahun Terbit: 2012

Sinopsis

Di negeri para bedebah, kisah fiksi kalah seru dibanding kisah nyata. Di negeri para bedebah, musang berbulu domba berkeliaran di halaman rumah. Tetapi setidaknya, Kawan, di negeri para bedebah, petarung sejati tidak akan pernah berkhianat.

Buku ini menceritakan tentang Thomas, seorang konsultan keuangan profesional yang sudah yatim piatu sejak remaja. Karena itulah kemudian Om, Tante dan Opanya menyekolahkan Thomas ke ibu kota dan melanjutkan ke sekolah bisnis terbaik di Luar Negeri.

Seiring dengan tumbuhnya Thomas, ternyata orang orang yang pernah membuat kedua orang tuanya terbunuh masih berada di sekelilingnya. Mereka kembali ingin merebut banyak kekayaan dari keluarga Thomas. Dimulai dari hari Jumat itu, Thomas ingin menyelamatkan Bank Semesta milik Omnya yang terancam untuk ditutup karena bankrut. Padahal, Omnya adalah salah satu orang yang paling dibencinya.

Namun upaya penyelamatan tidak bisa berlangsung mulus. Orang yang ingin merebut kekayaan adalah petingi kejaksaan dan petinggi kepolisian. Berkali kali Thomas hampir terbunuh tetapi selalu berghasil meloloskan diri.

Thomas adalah konsultan keuangan profesional, dia tahu bidak yang harus digerakkan untuk menyelamatkan bank semesta. Mulai dari pejabat bank sentral, pejabat lembaga penjamin simpanan, Menteri dan Putra Mahkota Partai Lembayung.

Pada detik terakhir upaya penyelamatan itu, ternyata Thomas baru menyadari, ada yang salah dengan Bank Semesta. Ada yang salah dengan orang orang di dekatnya.

Lalu apakah bank semesta berhasil diselamatkan?

Siapakah penghianat terbesar dalam keluarganya?

Unsur Intrinsik

Novel ini secara umum bercerita tentang penyelamatan bank gagal berdampak sistemik. Namun di sisi lain, novel ini secara vulgar membuka tabir yang tidak pernah diketahui banyak orang. Boleh jadi hanya sebuah buku fiksi yang berisi kisah fiktif. Namun jika menilik lebih dalam, ada banyak rahasia terungkap dalam novel ini.

Keunggulan

Novel ini sangat menantang untuk dibaca. Kepiawaian Tere Liye memang memukau, menggabungkan kisah kekeluargaan, bisnis, action dan kisah romantisme. Alur novel karya Tere Liye memang tidak pernah membosankan, sekali membaca halaman awal, tidak akan mau berhenti hingga halaman terakhir. Tidak mudah memahami setiap paragraf dalam sekali baca. Hal inilah yang membuat pembaca seharusnya tidak akan bosan untuk membacanya.

Kelemahan

Novel ini akan sulit dipahami oleh kalangan remaja, karena ceritanya yang lebih banyak melibatkan urusan bisnis, politik dan pemerintahan.

#odop #odopbatch5 #Onedayonepost #tantangan #kelasnonfiksi

2 komentar: