Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Memiliki gigi kuning merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan turunnya kepercayaan diri. Namun sayangnya gigi kuning bisa disebabka...

5 Makanan yang Menyebabkan Gigi Kuning

Memiliki gigi kuning merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan turunnya kepercayaan diri. Namun sayangnya gigi kuning bisa disebabkan oleh berbagai hal yang sulit untuk dihindari. Gigi kuning bisa disebabkan karena cara gosok gigi yang kurang tepat, jenis makanan yang dikonsumsi hingga pola hidup yang kurnag sehat. Namun makanan ini boleh jadi menjadi makanan favorit kita. Sehinnga perlu dilakukan upaya untuk mengurangi konsumsi makanan penyebab gigi kuning.

Makanan penyebab gigi kuning

Dari sisi makanan, ada berbagai makanan yang bisa menyebabkan gigi kuning. Oleh karena itu, kamu perlu berfikir ulang untuk mengonsumsi beberapa makanan ini jika tidak ingin gigi menjadi kuning. efek yang ditimbulkan bisa dalam waktu singkat maupun untuk waktu lama. Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa menjadi penyebab gigi kuning.

1. Makan Permen

Sejak kecil mungkin kamu sudah sering ditakut takuti perkara ini. Makan permen terlalu sering bisa menyebabkan gigi menjadi hitam berlubang maupun kuning. Kenyataannya, permen menjadi salah satu penyebabnya. Namun tentu saja permen tidak memberikan pengaruh yang langsung. Kandungan pada permen akan menyebabkan bakteri berkembang biak dengan cepat. Hal inilah yanng bisa menyebabkan gigi menjadi kuning.

2. Kari

Kari merupakan makanan berkuah yang dimasak dengan berbagai rempah rempah. Makanan ini memiliki rasa yang sangat kaut dan biasanya memiliki rasa pedas. Kari bisa menggunakan santan maupun tidak sesuai dengan selera masing masing. Namun karena warnanya yang sudah kuning, maka ketika dikonsumsi pun seketika akan membuat gigi menjadi kuning. Namun meskipun begitu, noda kuning ini masih bisa dibersihkan dengan menggosok gigi.

3. Saus

Terdapat banyak orang yang apabila makan maka tidak bisa meninggalkan rasa pedas. Oleh karena itu, saus dirasa menjadi salah satu kebutuhan utama orang yang menyukai pedas. Namun sayangnya saus baik yang murah maupun mahal, tetap memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan, salah satunya untuk gigi. Saos mengandung pewarna yang dipercaya membuat gigi menjadi berubah warna dari putih menjadi kekuningan.

4. Es krim

Selama ini mungkin diantara kita ada yang membantah bahwa es krim bisa menyebabkan gigi kuning. Namun makanan manis sebenarnya menjadi salah satu penyebab utama gigi kuning. Makanan yang manis dan tertinggal sisa sisanya di mulut maka akan menyebabkan bakteri berkembang dengan cepat sehingga menyebabkan gigi kuning.

5. Makanan bersantan

Makan makanan bersantan juga merupakan salah satu makanan yang menyebabkan ggi kuning. Santan terutama yang dimasak hingga mengeluarkan minyak bisa seketika memberikan pengaruh warna pada gigi. Oleh karena itu mengurangi makanan bersantan bisa menjadi cara mencegah gigi kuning.

#odopbatch5
#Onedayonepost
#masalah gigi
#kelasnonfiksi,

0 komentar: