Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Abu dari erupsi gunung berapi dikenal dapat menyuburkan tanah. Hal ini terbukti di kawasan lereng Gunung Merapi. Berbagai macam tanaman dapa...

Kopi Merapi, menikmati pahit asam dari kawasan bekas erupsi

Abu dari erupsi gunung berapi dikenal dapat menyuburkan tanah. Hal ini terbukti di kawasan lereng Gunung Merapi. Berbagai macam tanaman dapat tumbuh subur di tempat ini dan menghasilkan manfaat untuk orang banyak.

Salah satu tanaman yang bisa berkembang baik di kawasan lereng Gunung Merapi bagian selatan adalah Kopi. Bahkan bukan hanya tumbuh subur, tetapi Kopi yang tumbuh di tempat ini memiliki citarasa tersendiri. Oleh karena itu masyarakat di Dusun Petung Kepuharjo Cangkringan Sleman Yogyakarta membuat produk sendiri yaitu Kopi Merapi.

Mengapa harus mencoba Kopi Merapi?

Bagi para penikmat kopi, setiap kopi pasti memiliki kekhasan tersendiri. Bukan hanya tempat tumbuhnya tetapi juga cara penyajiannya. Nah ini bisa menjadi modal awal mencoba Kopi Merapi.

Kopi Merapi tumbuh pada tanah dataran tinggi yang banyak mengandung material dari Gunung Merapi, sehingga jenis tanahnya pun unik. Tanah di daerah ini bersifat asam, sehingga memengaruhi citarasa kopi menjadi lebih asam. Namun rasa pahit yang dihasilkan tidak terlalu pahit.

Menikmati Kopi Merapi ini bisa dilakukan di kawasan wisata Lava Tour Merapi, sehingga kamu bsia menikmati kopi sambil berwisata dan memandang gagahnya Gunung Merapi. Bangunan warung kopi ini berada tepat dipinggir Kali Opak yang pada tahun 2010 pernah dialiri Lahar dan Awan Panas erupsi Merapi. Sehingga sensasinya tentu saja berbeda dibandingkan menikmati kopi di kafe kafe.

Apakah harus dinikmati di Lereng Merapi?

Kopi merapi dijual juga dalam bentuk kemasan, sehingga tidak harus dinikmati di lereng merapi. Kopi Merapi bisa menjadi oleh oleh untuk mereka yang juga penikmat kopi tetapi tidak ikut dalam perjalanan wisata ke tempat ini. Harga kopi ini tergolong cukup murah, padahal seluruh proses produksinya masih dilakukan dengan metode tradisional.

Nah jadi jangan lupa untuk mampir ke lereng merapi dan mencoba nikmatnya Kopi Merapi sambil menikmati pemandangan yang memukau. Kesempatan ngopi sambil berwisata tentu saja bukan hal yang mudah ditemui.

#odop #odopbatch5 #Onedayonepost #tantangan #kelasnonfiksi

0 komentar: