Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Sakit gigi adalah sakit yang paling menyakitkan. Bagaimana tidak, sakit gigi yang sangat menyakitkan tetapi terkadang ada yang berkomentar ‘...

5 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang Besar yang Mujarab

Sakit gigi adalah sakit yang paling menyakitkan. Bagaimana tidak, sakit gigi yang sangat menyakitkan tetapi terkadang ada yang berkomentar ‘Alah, cuma sakit gigi doang bukan sakit hati’. Sudah sakit gigi, ditambah sakit hati pula. Supaya sakit gigi tidak menjadi sakit hati, maka perlu penanganan cepat agar cepat sembuh. Cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar bisa dilakukan sendiri sebelum pergi ke dokter.

Cara Menghilangkan Rasa Sakit Gigi Berlubang Besar

Baca: Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis
Pergi ke dokter adalah pilihan yang tepat ketika sakit, termasuk sakit gigi. Namun jika dalam kondisi darurat, atau belum mau ke dokter maka diperlukan tindakan awal yang dilakukan sendiri. Berikut ini adalah berbagai cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar yang cukup mujarab. 

1. Menggunakan Kompres Air Dingin

Kompres sudah dikenal lama sebagai cara menyembuhkan berbagai rasa sakit. Termasuk salah satu cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar adalah dengan kompres. Kompres yang digunakan untuk mengobati sakit gigi adalah kompres dengan air dingin atau air es. 

Fungsi kompres dingin adalah untuk menghentikan rangsangan nyeri yang disebabkan oleh pembuluh darah yang membengkak. Pada gigi berlubang, pembuluh darah pada pangkal gigi atau gusi terserang oleh bakteri. Pembuluh darah yang sedang sakit akan mereda ketika dibekukan oleh air dingin. 

Cara penggunaan kompres air dingin sangat mudah. Pertama siapkan air es dalam botol, kemudian tempelkan botol pada bagian pipi yang sakit gigi. Dalam beberapa menit maka sakit gigi akibat gigi berlubang akan mulai hilang.

2. Berkumur Dengan Air Garam

Selain menggunakan kompres, air garam juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam rasa sakit. Air garam juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi yang mujarab. 

Air garam memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa nyeri akibat gigi berlubang. Air garam dapat membunuh bakteri yang ada dalam mulut dan gigi sehingga bakteri yang menyerang gigi akan hilang. 

Cara penggunaan air garam sebagai cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar sangat mudah. Cukup ambil satu gelas air putih hangat, lalu campur dengan satu sendok makan garam. Gunakan air ini untuk berkumur kumur selama beberapa menit kemudian buang. Lakukan beberapa kali kumur untuk memastikan bakteri mati dan terbuang keluar.  

3. Daun Sirih Sebagai Antibiotik Alami

Daun sirih terutama sirih merah memiliki berbagai kandungan zat aktif yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Daun sirih dapat digunakan untuk mengobati luka dari luar maupun dikonsumsi untuk menyembuhkan dari dalam.

Daun sirih dapat menyembuhkan sakit gigi dengan cepat dan tentu saja aman karena alami. Bahan aktif yang terkandung dalam daun sirih berguna untuk membunuh bakteri di dalam mulut. Selain membunuh bakteri, daun sirih dapat mengobati pembuluh darah dan gusi yang membengkak.

Persiapkan tiga hingga empat lembar daun sirih, baik hijau maupun merah. Rebus dengan satu gelas air hingga mendidih. Air daun sirih ini dapat digunakan untuk berkumur dua hingga tiga kali. Semudah itulah cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar dengan daun sirih. Agar pemulihan berlangsung cepat, air daun sirih dapat digunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

4. Rempah Mujarab Bawang Putih, Cengkeh

Rempah –rempah bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga dapa digunakan untuk mengobati rasa sakit gigi. Dengan menggunakan bahan bahan yang ada di dapur, maka sangat mudah ditemukan ketika dalam keadaan darurat.

Bawang putih dan cengkeh merupakan bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar. Bawang putih dan cengkeh memiliki kandungan antibiotik yang mampu menyembuhkan sakit gigi. 

Cara menghilangan sakit gigi dengan bawang putih dan cengkeb berbeda dengan cara mengatasi sakit gigi yang sebelumnya. Satu siung Bawang putih dan satu biji cengkeh ditumbuk hingga halus menyerupai pasta. Masukkan pasta secara langsung dalam gigi berlubang yang sakit. Tunggu hingga rasa sakit cukup mereda, lalu berkumur dengan air garam.

5. Gunakan Antibiotik atau obat generik

Jika menggunakan bahan bahan alami sudah tidak lagi bisa mengatasi sakit gigi, maka masuk ke tahap selanjutnya dengan obat generik atau antibiotik. Terdapat banyak obat sakit gigi berlubang besar yang ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi.

Fungsi dari obat ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh ruamnya gusi pada gigi berlubang. Namun sayangnya obat generik dan antibiotik terkadang ada efek samping yang ditimbulkan.

Baca: Cara memutihkan gigi kuning yang membandel Sekian tadi lima cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang besar yang dapat menyebuhkan sakit gigi dengan cepat. Jika langkah langkah pengobatan sendiri belum mampu membuahkan hasil, sebaiknya periksakan ke dokter. Teknologi dan pengalaman yang dimiliki dokter tentu akan memberikan hasil yang lebih baik untuk menyembuhkan sakit gigi. Semoga bermanfaat, terima kasih.

#D29 #onedayonepost #odopbatch5

0 komentar: