Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Memiliki karang gigi yang sudah parah tentu tidak nyaman. Sayangnya cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah bukanlah hal yang mudah....

5 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Parah Agar Mudah Lepas Tanpa Ke Dokter

Memiliki karang gigi yang sudah parah tentu tidak nyaman. Sayangnya cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah bukanlah hal yang mudah. Karang gigi terbentuk melalui proses akumulasi yang sangat lama. Karang gigi yang sudah lama ini akan melekat pada gigi dengan sangat kuat. Oleh karena itu, diperlukan cara-cara yang tepat untuk menghilangkan karang gigi.



Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Parah

Baca: Cara memutihkan gigi kuning yang membandel
Sebenarnya cara yang paling aman untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan pergi ke dokter. Dokter memiliki cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dengan metode yang teruji melalui berbagai penelitian. Namun pergi ke dokter gigi sepertinya belum menjadi pilihan Kamu. Sehingga dalam bahasan kali ini akan saya ulas beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter.

1. Menggunakan Benang Gigi/Tooth Floss

Flossing adalah salah satu cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah dengan menggunakan benang. Benang yang digunakan merupakan benang khusus untuk membersihkan gigi. Cara penggunaannya memang tidak mudah, tetapi benang gigi mampu membersihkan hingga sela-sela gigi. Penggunaan benang  gigi lebih kepada unsur teknis untuk membersihkan. Penggunaan benang gigi untuk membersihkan karang gigi juga harus dikombinasikan dengan metode lain.

2. Menggunakan Ragi

Jika ingin karang gigi lepas dengan sendirinya maka bisa menggunakan ragi. Dengan menggunakan bahan ini, maka karang gigi akan terpisah dari gigi. Ragi merupakan salah satu bahan yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk membantu fermentasi. Makanan yang biasanya dibantu pembuatannya dengan ragi adalah tempe dan kecap.
Penggunaan ragi sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah adalah dengan mencampurnya dengan pasta gigi. Lakukan gosok gigi dengan benar agar karang gigi lekas lepas.

3. Menggunakan Cuka

Cuka mengandung asam yang cukup kuat. Reaksi asam yang terjadi pada mulut menyebabkan karang gigi mudah lepas dari gigi. Penggunaan cuka dapat dilakukan dengan berkumur selama beberapa menit lalu dibuang. Namun yang perlu diperhatikan adalah jika Kamu memiliki gigi sensitif maka gigi akan terasa ngilu atau perih. Jika rasa ngilu atau perih terjadi terus menerus sebaiknya hentikan pemakaian.

4. Menggunakan Cairan Pencuci Mulut

Cairan pencuci mulut sudah banyak beredar dan dapat ditemukan dengan mudah. Cairan pencuci mulut mengandung berbagai macam bahan yang dapat membersihkan gigi dan mulut. Cairan pencuci mulut mampu membersihkan sisa-sisa makanan yang mampu menyebabkan karang gigi. Cairan ini juga mampu membunuh bakteri jahat yang sering kali bersarang di antara gigi.

Selain itu cairan pencuci mulut juga memberikan perlindungan terhadap gigi agar tidak mudah terbentuknya plak dan karang gigi. Penggunaan cairan pencuci mulut sebaiknya dilakukan secara rutin agar gigi selalu terlindungi. Cairan pencuci mulut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah karena gigi selalu dibersihkan dan dijaga.

5. Manfaatkan buah-buahan

Ada banyak buah-buahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi yang terlanjur parah . Buah-buahan mengandung berbagai nutrien yang bermanfaat untuk kesehatan gigi. Misalnya buah jeruk nipis, lemon dan apel mengandung asam sitrat yang mampu menghilangkan karang gigi. Buah stroberi bukan hanya nikmat dikonsumsi, tetapi dapat digunakan sebagai pasta gigi untuk membersihkan gigi kuning dan menghilangkan karang gigi.

Baca: Cara menghilangkan rasa sakit gigi berlubang
Bahan lain yang dapat digunakan adalah buah pinang, lidah buaya, cengkeh dan jambu biji. Selain itu bisa juga digunakan garam, baking soda dan lain sebagainya. Bahasan lebih detail mengenai cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi dapat kalian temukan di blog ini agar lebih jelas.

Sekian tadi cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah agar mudah lepas yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus ke dokter. Namun jika langkah-langkah yang sudah dilakukan ternyata tidak mampu membuahkan hasil, segera periksakan ke dokter. Hal ini karena dokter sudah memiliki kemampuan dan pengalaman yang lebih. Semoga sukses, terima kasih sudah berkunjung 

#D27 #onedayonepost #odopbatch5

2 komentar:

  1. aku pernah dengar, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. bukan baking soda utk bikin kue, tapi baking soda industri. ambil sedikit, campur air dan buat kumur-kumur. jangan ditelan ya... ntar mabok, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya Kak. Bahan bahan asam ini rada bahaya juga kalau giginya sensitif. hehe

      Hapus