Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Gigi kuning sebenarnya bukan masalah serius, lebih kepada estetika yang sangat penting. Memutihkan gigi kuning bisa dilakukan dengan operasi...

5 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Mudah dan Cepat

Gigi kuning sebenarnya bukan masalah serius, lebih kepada estetika yang sangat penting. Memutihkan gigi kuning bisa dilakukan dengan operasi kecil, tetapi sebaiknya dilakukan cara memutihkan gigi kuning dengan cara alami terlebih dahulu. Cara memutihkan gigi kuning yang membandel perlu dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Gigi kuning merupakan satu kondisi yang sangat tidak diinginkan oleh banyak orang. Hal ini karena gigi berada pada lokasi strategis bagi orang lain untuk melihat seseorang. Oleh karena itu gigi yang putih bersih dan rapi adalah impian banyak orang. Namun sayangnya menjaga gigi putih bersih dan rapi bukanlah hal yang mudah. 

Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel

Sebenarnya cara memutihkan gigi kuning yang membandel dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Namun agar proses memutihkan gigi menjadi lebih mudah dan cepat, maka harus diawali dengan mencegah gigi kuning, baru kemudian mengatasinya. Kali ini saya akan mengulas lima cara memutihkan gigi kuning yang membandel mulai dari langkah awalnya hingga treatment yang harus dilakukan.

Baca: Cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon bahkan kulitnya

1. Hentikan Kebiasaan Makan Cokelat, Minum Kopi dan Merokok

Sebelum Kamu memulai treatment memutihkan gigi kuning yang membandel, sebaiknya perbaiki gaya hidup terlebih dahulu. Gaya hidup di sini maksudnya adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas mulut. Jika Kamu memiliki kebiasaan merokok dan minum kopi, sebaiknya dihentikan terlebih dahulu. Karena kebiasaan ini akan menjadikan proses memutihkan gigi kuning menjadi terhambat. Kopi dan rokok dapat menyebabkan penumpukan plak gigi yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Selain kopi dan rokok, cokelat, gulali, permen dan makanan manis lainnya sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Makan makanan manis dapat meninggalkan sisa makanan di mulut dan gigi. Hal ini akan mengakibatkan bakteri di dalam mulut memiliki banyak makanan dan berakibat mengotori gigi. Jika Kamu sudah dapat mengatur aktivitas makan, maka kamu dapat melanjutkan cara memutihkan gigi kuning yang membandel.

2. Mengonsumsi Susu dan Produk Olahan Susu

Setelah menghindari beberapa makanan, maka yang sebaiknya dikonsumsi adalah susu serta produk produk olahannya. Sebaiknya konsumsi produk susu yang tanpa penambahan gula dalam prosesnya. Susu murni, yoghurt atau kefir dapat kamu konsumsi setiap hari. Susu memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekuatan gigi Kamu sebelum di treatment. 

Jika kamu memiliki alergi terhadap susu, maka kamu bisa mengonsumsi makanan lain yang juga memiliki kadar kalsium cukup tinggi. Kekuatan gigi diperlukan karena proses cara memutihkan gigi sering kali harus diikuti dengan bahan-bahan yang riskan pada gigi sensitif dan rapuh.

3. Menggosok Gigi dengan Benar di Waktu Yang Tepat

Menggosok gigi memang semestinya sudah menjadi kebiasaan sehari hari. Namun jika sudah rutin menggosok gigi tetapi tidak pada waktu yang tepat maka gigi tetap akan kuning. Waktu menggosok gigi yang baik adalah pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Namun hal ini sering kali bertentangan dengan para ahli gizi, karena sisa makanan setelah makan sebenarnya bermanfaat. 

Selain kedua waktu tersebut masih bisa ditambah lagi dengan menggosok gigi pada siang hari yaitu setelah makan siang. Cara memutihkan gigi kuning yang membandel memang harus diikuti dengan kegiatan menggosok gigi yang benar. Setelah kebiasaan ini berjalan dengan baik, baru kemudian dilakukan treatment memutihkan gigi kuning yang membandel dengan mudah dan cepat.

4. Menggunakan Pasta Gigi Alami (Ada puluhan)

Pasta gigi yang dijual di pasaran sebenarnya sudah mengandung bahan-bahan yang berfungsi melindungi dan memutihkan gigi. Namun sebagai cara memutihkan gigi kuning yang membandel dengan mudah dan cepat diperlukan bahan tambahan yang alami. Penggunaan bahan alami dapat menghindarkan efek samping dibandingkan dengan menggunakan bahan lainnya. 

Bahan yang sering digunakan untuk memutihkan gigi kuning yang membandel biasanya adalah yang memiliki sifat asam karena mengandung asam sitrat. Misalnya memutihkan gigi kuning dengan jeruk nipis, jeruk lemon, buah pinang, arang aktif, stroberi, kunyit, neem/mimba, cuka apel, jahe dan garam. Bahan lain yang juga bisa digunakan adalah minyak kelapa, minyak jeruk, wortel, seledri, apel, brokoli, keju, nanas, ikan salmon, bawang merah dan putih, serta stroberi.

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel dengan bahan alami tersebut akan dibahas lebih lanjut di blog ini satu persatu. Jadi, tunggu tulisan tulisan selanjutnya ya . 

5. Mengonsumsi buah-buahan dan menggunakan siwak

Buah-buahan yang sudah ada di daftar nomor empat, bukan hanya bisa digunakan sebagai pasta gigi. Namun, buah-buahan juga harus dikonsumsi untuk membantu memutihkan gigi kuning yang membandel. Mengunyah buah apel membantu memutihkan gigi, karena ketika buah apel dikunyah maka kandungan asam sitrat yang ada di dalamnya akan melapisi gigi.

Baca: Cara memutihkan gigi dengan baking soda Cara memutihkan gigi kuning yang membandel lainnya adalah dengan menggunakan siwak. Siwak banyak digunakan oleh orang-orang timur tengah untuk memutihkan gigi. Siwak bisa dibawa ke mana saja, sehingga bisa digunakan kapan saja. Bagi yang beragama muslim, bersiwak sebelum berwudhu sangat disarankan untuk menjaga kebersihan mulut. 

Sekian tadi 5 cara memutihkan gigi kuning yang membandel dengan mudah dan cepat. Satu hal yang perlu disadari bahwa warna alami gigi tidak benar-benar putih. Namun warna alami gigi adalah putih kekuningan, sehingga sangat wajar bila gigi mudah berwarna kuning. Oleh karena itu, cara memutihkan gigi kuning harus dilakukan untuk menjaga warna alami gigi.

#D26 #odopbatch5 #onedayonepost

2 komentar: