Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

J eruk nipis sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk mencuci piring dan alat dapur lain. Jeruk nip...

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis dan Kulitnya, Alami dan Cepat

Jeruk nipis sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk mencuci piring dan alat dapur lain. Jeruk nipis memang memiliki bahan aktif yang mampu memisahkan bahan dari kaca dan porselen dari kotoran lemak. Namun ternyata buah ini bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis.

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki rasa asam yang sangat kuat karena mengandung asam sitrat tinggi. Asam sitrat inilah yang menyebabkan cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini dapat dilakukan. Bahkan bukan hanya daging buahnya saja yang dapat digunakan. Namun kulitnya pun juga dapat dimanfaatkan. Berikut ini lima cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi berbahan dasar jeruk nipis.

Baca: Cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon

1. Menggunakan Kulit Jeruk Nipis

Kulit jeruk nipis bagian dalam adalah tempat menempelnya bulir bulir buah. Kerita jeruk nipis diperas, maka sisa sisa bulir masih menempel pada kulit. Nah gunakan bagian dalam kulit jeruk nipis ini untuk digosokkan pada gigi.

Namun penggosokan hanya dapat menjangkau bagian depan saja. Sehingga gigi bagian dalam tidak dapat terkena gosokan karena posisinya sulit. Untuk memutihkan gigi bagian dalam bisa menggunakan cara yang selanjutnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan sampai menggosokkan kulit jeruk ke bagian gusi. Gusi merupakan bagian yang cukup sensitif dengan sentuhan. Sehingga jika terkena gosokan kulit jeruk yang asam bisa terasa nyeri.

2. Berkumur dengan Perasan Jeruk Nipis

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang paling mudah adalah dengan berkumur menggunakan perasan jeruk. Perasan jeruk nipis dapat menjangkau seluruh bagian mulut, termasuk sela-sela gigi.

Kandungan jeruk nipis yang mampu sampai sela-sela gigi akan membunuh bakteri dan mengangkat kotoran pada gigi. Sehingga tidak ada lagi bagian yang tidak terjangkau.

Cara penggunaannya cukup mudah. Iris satu buah jeruk nipis menjadi dua, kemudian peras masing-masing bagian ke dalam gelas. Setelah itu gunakan air perasan untuk berkumur selama dua hingga tiga menit.

3. Menggosok Gigi dengan Sari Jeruk Nipis

Menggosok gigi seharusnya sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Namun jika gigi masih saja kuning, coba cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini. Jika biasanya menggosok gigi hanya menggunakan pasta gigi, coba gabungkan dengan air perasan jeruk nipis.

Pasta gigi seharusnya sudah memiliki fungsi untuk membersihkan, memutihkan dan melindungi gigi. Namun sayangnya dari berbagai macam pasta gigi, ada yang kurang kuat jika digunakan beberapa orang.

Gunakan air perasan jeruk nipis ketika menggosok gigi, agar kotoran dan plak yang menempel pada gigi lebih mudah dibersihkan.

4. Menggunakan Kain untuk Menggosok Gigi

Selain menggunakan sikat gigi untuk memutihkan gigi dengan jeruk nipis, dapat juga dengan kain. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis ini mudah dilakukan. Kain yang digunakan bisa menggunakan sapu tangan yang bersih dan lembut.

Masukkan sebagian kecil kain ke dalam air perasan jeruk nipis. Kemudian gosokkan kain pada gigi bagian depan hingga gigi geraham. Ulangi penggosokan hingga beberapa kali.

Menggunakan kain untuk menggosok gigi, bermanfaat untuk memutihkan gigi kuning secara perlahan. Berbeda dengan menggunakan sikat gigi yang digosokkan secara cepat.

5. Mencampur Jeruk Nipis dengan Bahan Lain

Terdapat banyak bahan alami yang dikenal sebagai cara memutihkan gigi kuning. Bahan-bahan tersebut dapat dikombinasikan bersama jeruk nipis agar manfaatnya bisa lebih baik.

Bahan lain yang dapat digunakan misalnya buah pinang, stroberi dan apel. Garam juga dapat digunakan bersama dengan jeruk nipis untuk membunuh bakteri dalam mulut.

Baca: Cara memutihkan gigi dengan baking soda
Setiap bahan memiliki kandungan masing-masing yang berguna untuk memutihkan gigi kuning. 
Sehingga kombinasi beberapa bahan semakin kuat untuk memutihkan gigi kuning dengan cepat dan aman.

Sekian tadi lima cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis bahkan dengan kulitnya. Penting: Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam. Jika Kamu memiliki gigi sensitif, menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan gigi tentu akan terasa ngilu atau perih. Hentikan pemakaian jika gigi terasa sangat perih. Terima kasih, semoga bermanfaat.

#D30 #onedayonepost #odopbatch5

0 komentar: