Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Gigi kuning disebabkan oleh plak yang menempel pada gigi. Hal ini terjadi karena aktivitas bakteri dan sisa-sisa makanan atau minuman yang t...

5 Pilihan Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Lemon Bahkan Kulit Buahnya

Gigi kuning disebabkan oleh plak yang menempel pada gigi. Hal ini terjadi karena aktivitas bakteri dan sisa-sisa makanan atau minuman yang tertinggal di dalam mulut. Salah satu cara membersihkannya adalah dengan buah jeruk lemon. Buah lemon memiliki banyak sekali manfaat karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Salah satu manfaatnya adalah sebagai cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon. 

Bahkan bukan hanya buahnya saja, kulit jeruk lemon juga dapat dimanfaatkan. Buah jeruk lemon merupakan buah yang cukup terkenal. Lemon menjadi salah satu buah yang sering dicampur ketika minum teh, yaitu minuman lemon tea. Sayangnya buah ini memiliki harga yang tidak murah untuk kalangan umum.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Lemon

Baca: Cara memutihkan gigi dengan baking soda
Hasil penelitian Pratiwi et al tahun 2017 menunjukkan bahwa kandungan asam sitrat dalam kulit buah jeruk memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi. Selain itu, kandungan asam sitrat kulit buah jeruk mengandung bahan aktif yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, stabiliser dan anti inflamasi. 

Masih dalam penelitian yang sama, untuk mendapatkan asam sitrat dalam kulit jeruk sebagai cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk adalah melakukan ekstraksi. Berikut ini merupakan beberapa cara memutihkan gigi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Menggigit Kulit Jeruk Lemon

Cara yang paling mudah untuk memutihkan gigi dengan jeruk lemon adalah dengan menggigit kulitnya. Buah lemon digigit selama beberapa menit sambil menghisap sisa-sisa buahnya. Kemudian setelah itu berkumur dengan air hangat. Sayangnya tidak banyak yang mampu menahan rasa asam dari kulit buah jeruk lemon. Namun cara ini pas  digunakan untuk memanfaatkan kulit buah lemon yang tidak digunakan untuk konsumsi.

2. Menggosok Gigi Dengan Kulit Lemon

Selain digigit, cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon adalah dengan menggosokkan kulit pada gigi. Penggosokan dilakukan secara manual saja menggunakan tangan. Sebelum digosokkan ke gigi, sebaiknya kulit jeruk sedikit diperas terlebih dahulu agar cairan asam sitrat berada di permukaan. Sehingga cairan ini bisa langsung mengenai gigi dan bereaksi untuk memutihkan.

3. Berkumur Dengan Perasan Lemon

Apabila memang membeli buah jeruk lemon untuk memutihkan gigi, bukan hanya sekedar memanfaatkan kulitnya, maka bisa dengan buahnya. Buah jeruk lemon diperas untuk mengeluarkan sari sarinya. Kemudian air perasan ini digunakan untuk berkumur selama beberapa menit. Setelah itu berkumur dengan air hangat untuk menetralkan rasa asam yang sangat kuat.

4. Menggosok Gigi Dengan Sari Buah Jeruk Lemon

Sari buah lemon dapat digunakan sebagai pendukung pasta gigi. Perasan buah lemon digunakan untuk berkumur kumur kemudian menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi yang biasa digunakan. Perasan buah lemon berfungsi untuk mengangkat plak penyebab gigi kuning, lalu dibersihkan menggunakan sikat gigi.

5. Mencampur Dengan Bahan Lain


Selain digunakan untuk membersihkan gigi secara mandiri, cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon dapat dipadukan dengan berbagai bahan yang lain. Bahan-bahan yang dapat mendukung fungsi buah lemon adalah kunyit, baking soda dan garam. Masing-masing bahan tersebut memiliki fungsi yang dapat membantu jeruk lemon memutihkan gigi. Selain  memutihkan, bahan-bahan tersebut memiliki fungsi untuk membersihkan gigi dan membunuh bakteri.


Baca: Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis
Catatan penting:Kandungan asam sitrat dalam buah jeruk lemon tergolong dalam asam kuat. Apabila langkah-langkah tersebut dilakukan pada orang yang memiliki gigi sensitif akan menyebabkan gigi merasa sangat ngilu. Hentikan pemakaian apabila gigi terasa nyeri, ngilu, perih atau hal lainnya.

Sekian tadi lima cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon melalui berbagai 
metode. Memutihkan gigi bukanlah langkah yang instan. Hal ini karena kuningnya gigi merupakan penumpukan plak dalam kurun waktu yang cukup lama.

#D22 #onedayonepost #odopbatch5

2 komentar:

  1. Pasti rasanya arem-arem pahit luar biasa gitu 😕

    Salam 😊
    shintadwijiarti.blogspot.com

    BalasHapus