Lima Sehat

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Memiliki gigi yang putih adalah dambaan banyak orang. Namun jika gigi sudah terlanjur kuning memang sulit untuk dipulihkan kembali. Cara mem...

5 Macam Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dalam Waktu Singkat

Memiliki gigi yang putih adalah dambaan banyak orang. Namun jika gigi sudah terlanjur kuning memang sulit untuk dipulihkan kembali. Cara memutihkan gigi dengan baking soda adalah cara yang tepat agar gigi kuning segera putih kembali. Namun ada hal hal yang harus diperhatikan ketika memutihkan gigi yang kuning dengan baking soda.

Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

Baking soda atau soda kue sebenarnya sudah sering menjadi campuran makanan. Biasanya bahan ini digunakan ketika membuat kue agar menjadi lebih nikmat. Namun ternyata baking soda bisa digunakan sebagai cara memutihkan gigi. Berikut ini adalah beberapa cara memutihkan gigi dengan baking soda agar bisa putih kembali dalam waktu singkat.

1. Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Baca: Cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah
Soda kue berbentuk bubuk, sehingga tidak bisa langsung diaplikasikan untuk memutihkan gigi. Soda kue dapat digunakan untuk menggosok gigi bersamaan dengan pasta gigi biasa. Namun sebelumnya, baking soda harus sudah tambah dengan air sedikit hingga menjadi seperti gumpalan pasta.
Cara menggosok gigi dengan baking soda sama saja dengan biasanya. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai gosokan gigi mengenai gusi. Hal ini karena gusi bisa terasa sakit dan perih jika terkena baking soda.

2. Mencampur Baking Soda dengan Buah Stroberi

Selain digunakan sendirian, baking soda juga dapat digunakan bersamaan dengan bahan lain. Stroberi merupakan buah yang memiliki kandungan gizi tinggi, terutama vitamin C. Asam sitrat yang terkandung dalam buah stroberi mampu mendukung kinerja soda kue dalam memutihkan gigi yang kuning.
Cara penggunaan baking soda dengan buah stroberi juga mudah dilakukan. Lumatkan satu buah stroberi bersama baking soda hingga terbentuk pasta stroberi. Kemudian gunakan pasta ini untuk menggosok gigi.

3. Baking Soda Dengan Garam

Garam juga merupakan bahan yang sering digunakan untuk campuran masakan. Garam memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri dengan cepat. Kombinasi antara baking soda dengan  garam akan sangat bermanfat untuk mengangkat noda kuning sekaligus mencegahnya timbul kembali. Hal ini tentu menjadi cara memutihkan gigi secara permanen agar tidak lagi harus menghadapi gigi kuning.
Cara memutihkan gigi dengan baking soda bersama garam hampir sama dengan metode sebelumnya. Cukup campurkan sedikit baking soda dengan garam kemudian gunakan untuk menggosok gigi. Selain digunakan untuk menggosok gigi dengan sikat gigi, bisa juga dengan menggosokkan campuran ini menggunakan tangan. Hal ini untuk menghindari menempelnya campuran ke gusi.

4. Mencampur Baking Soda dengan Jeruk Nipis

Sebenarnya cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis saja sudah bisa. Namun mengombinasikan antara soda kue dengan jeruk nipis bisa lebih ampuh untuk memutihkan gigi secara singkat dan ampuh. Hal ini karena kandunganasam sitrat dalam jeruk nipis dapat mengangkat penyebab gigi kuning yaitu plak yang menempel.
Kombinasi bahan ini mudah dibuat, hanya dengan mencampur perasan jeruk nipis setengah saja dengan baking soda. Setelah itu bisa digosokkan ke gigi dengan menggunakan kain yang lembut dan halus. Cara ini dilakukan agar dapat menggosok gigi secara perlahan. Namun menggosok gigi dengan sikat gigi juga tidak masalah.

5. Soda Kue dengan Hidrogen Peroksida

 Hidrogen peroksida sebenarnya juga tidak asing lagi sebagai produk rumahkan. Namun menggunakan bahan ini sebagai cara memutihkan gigi dengan baking soda cukup berbahaya. Pastikan hidrogen peroksida memiliki kadar 3% agar aman untuk mulut. Biasanya bahan ini digunakan sebagai obat pencuci mulut.
Cara penggunaan kombinasi soda kue denga hidrogen peroksida ini mudah. Yaitu mencampur satu sendok baking soda dengan satu sendok hidrogen peroksida. Kemudian gunakan untuk menggosok gigi, diamkan lalu berkumur.

Baca: Cara memutihkan gigi dengan jeruk lemon
Sekian tadi cara memutihkan gigi dengan baking soda agar putih alami dalam waktu singkat. Lakukan cara cara di atas dengan bijak. Kesabaran dalam melakukan proses menjadi kuncinya. Semoga sukses, semoga bermanfaat, terima kasih.

#D32 #onedayonepost #odopbatch5

6 komentar:

  1. Nyoba ah, biar makin kinclong giginya.

    BalasHapus
  2. Ternyata bisa ya baking soda untuk memutihkan Gigi. Saya tahunya untuk membuat roti dan membersihkan peralatan dapur...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, bisa menjadi salah satunya. Tetapi harus dengan takaran yang teratur yaa.

      Hapus
  3. Cocok buat penggemar cigarette hehe

    BalasHapus