Penyebab Timbulnya Meriang Pada Anak-anak Dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Demam-Meriang sebenarnya bukan penyakit, namun merepotkan apabila tidak ditangani dengan bagus. meriang juga bisa merupakan ciri bahwa kamu menderita penyakit tertentu. karna itu, meriang merupakan alat pemberitahu bagi kamu sendiri.
rata-rata penyebab meriang sudah dapat dikenal dalam waktu satu atau dua hari. bila kamu beranggapan faktornya bukan penyakit karna virus, hendaknya segera cek ke dokter.
selanjutnya sebagian faktor umum timbulnya meriang:

Penyebab Timbulnya Meriang Pada Anak-anak Dan Cara Mengatasinya

mengatasi deman via:google.com

4 sebab terjadinya demam

1. adanya infeksi semacam infeksi saluran air seni (sering buang air kecil alias buang air kecil disertai rasa nyeri), infeksi streptokokus pada tenggorokan (kerap kali disertai dengan radang tenggorokan), infeksi sinus (rasa sakit di atas atau di bawah kedua mata), dan bengkak gigi (bengkak di komponen mulut).
2. infeksi mononucleosis yang disertai rasa capek.
3. tertular sesuatu penyakit ketika kamu berada di luar negeri.
4. keletihan karna kepanasan atau tersengat sinar matahari langsung secara berlebihan.

itulah beberapa penyebab terjadinya meriang. jika kamu mengalami gejala seperti itu dan akhirnya timbul meriang, tak ada salahnya kamu melakukan hal-hal berikut ini:

Cara Mengatasi Demam

Kompres

kompres merupakan salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk mengurangi meriang. gunakan air hangat untuk mengkompres, letakan di dahi atau leher atau sekitar ketiak atau semua badan, bila demamnya sangat tinggi. janganlah gunakan air dingin atau es untuk mengkompres, kompres dengan air dingin sebenarnya membuat segar, alih-alih menciptakan suhu badan turun, justru mengakibatkan semakin naik. logikanya badan akan menaikan suhunya apabila lingkungan diluar lebih dingin. berendam dengan air hangat juga bisa menurunkan meriang dan badan akan terasa lebih
nyaman. reseptor meriang ada diseluruh badan, dengan berendam dalam air hangat bakal melebarkan saluran pembulu darah dan peredaran darah bertambah lancar sehingga panas dalam badan
semakin cepat dibuang keluar. mengkompres dengan alkohol juga tidak dibenarkan, karna bisa mengakibatkan keracunan.

Janganlah mengenakan baju berlapis-lapisĀ 

sebagian diantara kamu masih mengenakan baju atau selimut berlapis pada saat meriang. meriang membuat tubuh menggigil, untuk meredakannya kamu biasa mengenakan selimut agar badan terasa nyaman, akan tetapi tindakan ini malah mengakibatkan meriang tidak mau pergi. panas badan tidak bisa dibuang keluar karna tersumbat baju tebal atau selimut. apabila menggigil minta bantuan orang lain untuk mengurut badan supaya terasa hangat. pakailah kaos kaki supaya kaki selalu hangat, kaki yang dingin merupakan sumber penyakit timbul.

Meminum madu

madu merupakan obat alami untuk menurunkan meriang. madu asli memiliki manfaat pensteril, isi vitamin c -nya tinggi dan anti radang dan pendarahan. madu mempunyai unsur yang bertugas langsung di inti panas. madu juga berisi glukosa dan fruktosa selaku sumber stamina. saat meriang kamu biasanya tidak bernafsu untuk makan, sehingga kamu kehilangan stamina, madu merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan stamina cepat, yang mampu kamu gunakan untuk menukar stamina yang hilang.

Periksa darah

meriang yang tak kunjung turun, ada bagusnya untuk melakukan periksa darah, apalagi jika sudah enam hari tidak menampakkan tanda-tanda akan sembuh. mungkin terdengar terlalu berlebihan apabila perlu periksa darah. namun kamu harus siaga dengan demam berdarah. karna disaat masa pancaroba seperti sekarang ini, dimana hujan turun tiap hari dan banjir melanda, wabah demam berdarah mampu mengancam siapa saja. meriang tiba-tiba harus diwaspadai karna demam berdarah bisa jadi penyebabnya.

Memakan makanan bergizi

makan makanan bergizi pada saat meriang atau sakit akan membantu menambah daya tahan tubuh. sehingga badan lebih siap melawan virus atau penyebab meriang sehingga meriang akan cepat turun. pada saat demam selera makanpun hilang, namun janganlah sampai tidak makan, karna jalan menuju pulih salah satunya mengasup makanan bergizi. pastikan makanan yang mudah dicerna seperti bubur, sup atau makanan favorit kamu.

Makan buah-buahan

banyak makan buah merupakan salah satu teknik menurunkan meriang, pastikan buah yang banyak menyimpan air seperti jeruk, apel, pir, semangka, melon, belimbing, dan lain-lain. buah mengandung banyak vitamin dan gizi yang mampu membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga memperlancar pengobatan. jika sulit menelan atau mulut terasa pahit, sari buah buah mampu jadi alternatif yang tepat untuk menggantikan air yang hilang.

Pergi ke dokter

jika meriang tak kunjung turun segera periksalah ke dokter dan cari penyebabnya. biasanya dokter akan meminta riwayat kesehatan kamu, upayakan jawablah dengan tepat supaya dokter mampu mengambil tindakan yang tepat. janganlah ragu pula menanyakan obat yang akan diresepkan
pada kamu, ajukan keluhan jika kamu menghindari sesuatu obat tertentu, semisal antibiotik. banyak yang berpendapat antibiotik merupakan obat dewa, mampu dengan cepat memulihkan penyakit. karna meriang tidak semua meriang akan pulih dengan antibiotik, pemberian antibiotik yang irasional akan memberi efek negatif untuk kesehatan kamu. antibiotik hanya memulihkan penyakit yang diakibatkan oleh kuman, jadi kenali penyebab meriang kamu dulu baru setelah itu mengonsumsi obat yang tepat.

Minum obat penurun panas

pemberian obat penurun panas tujuannya bukan menurunkan panas atau memulihkan penyakit tetapi memberi rasa nyaman dan menyurutkan rasa sakit, dan sedikit menormalkan suhu tubuh. pastikan obat penurun panas yang paling terjamin seperti parasetamol, dan gunakan sesuai dengan ketentuan. parasetamol merupakan obat penurun panas yang setidaknya terjamin dengan jumlah yang tidak berlebihan. sebaliknya ibuprofen dan aspirin tidak direkomendasikan karna mampu mengakibatkan pendarahan pada alat pencernaan. mengonsumsi obat penurun panas yang tidak logis tidak akan mempercepat turunnya meriang, justru bisa menimbulkan akibat yang tidakbaik bagi organ tubuh yang lain seperti ginjaldan lambung.

Perbanyak istirahat

banyak tidur dan istirahat merupakan kunci agar meriang cepat turun. dengan istirahat atau tidur kamu memberi peluang pada tubuh untuk membentuk antibodinya dan melawan virus dengan efektif. sering-kali meriang mengakibatkan kamu sulit tidur, usahakanlah untuk mengistirahatkan badan dan tidur dengan bagus, jadikan kondisi rumah yang hening, agar bisa istirahat dengan tenang. kurangi aktifitas untuk mempercepat pengobatan dan tinggalkan sejenak pekerjaan supaya cepat pulih. walaupun olah raga bagus untuk kesehatan, akan tetapi olahraga disaat meriang bukan opsi yang bagus, simpan stamina kamu untuk melawan virus dan menghindari dehidrasi.

Memperbanyak minum

banyak minum merupakan obat ampuh menangani meriang, saat meriang tubuh kamu akan menjadi dehidrasi, untuk mengganti air tubuh yang hilang minumlah air putih sebanyak-banyaknya. banyak minum berperan untuk menghilangkan toksin yang dihasilkan oleh sel-sel mati yang meningkatkan daya untuk melawan virus. panas tubuh akan dikeluarkan lewat air seni atau keringat sehingga badan terasa nyaman dan panas akan turun. asuplah semua tipe air seperti air putih, sari buah buah, susu, teh, madu, air kelapa hijau, kuah soup juga merupakan air yang berkontribusi mempercepat menurunkan meriang.

itulah beberapa cara untuk mengatasi meriang, jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat agar badan kamu terhindar dari berbagai macam penyakit

Penyebab Timbulnya Meriang Pada Anak-anak Dan Cara Mengatasinya | admin | 4.5